DetikSepakbola
Minggu 05 May 2013, 21:52 WIB

Juventus Pertahankan Scudetto

- detikSport
Juventus Pertahankan Scudetto (Getty Images/Claudio Villa)
Turin - Juventus berhasil memastikan gelar Scudetto <\/em>musim 2012\/2013. Itu terjadi setelah mereka memetik kemenangan atas Palermo.

Dalam pertandingan di Juventus Stadium, Minggu (5\/5\/2013) malam WIB, Juve baru mencetak gol di babak kedua lewat titik putih. Arturo Vidal mengeksekusi penalti dengan sempurna untuk memberi Juve kemenangan 1-0.

Dengan hasil ini, Juve mengoleksi 83 poin, unggul 14 poin dari Napoli yang baru akan bertanding dinihari nanti. Posisi mereka di puncak klasemen pun dipastikan aman karena Napoli tinggal memainkan empat laga tersisa.

Ini adalah scudetto <\/em>ke-29 untuk La Vecchia Signora<\/em>. Mereka sebenarnya sudah juara 31 kali, namun dua gelar dicabut karena kasus calciopoli<\/em>.

Titel ini sekaligus jadi gelar kedua secara beruntun yang dimenangi oleh Juve. Musim lalu, Gianluigi Buffon dkk. juga tampil sebagai kampiun.

Jalannya Pertandingan<\/strong>

Juve langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal pertandingan. Arturo Vidal yang merupakan gelandang tersubur Juve hampir menambah koleksi golnya di menit ke-16. Tapi sepakannya masih menyamping di sisi kanan gawang Stefano Sorrentino.

Serangan Juve tujuh menit berselang juga belum membuahkan hasil. Tendangan Andrea Pirlo dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Palermo.

Serangan terus dibangun oleh Juve. Sementara upaya Palermo untuk masuk ke daerah pertahanan Juve kerap menemui kegagalan. Serangan yang dibangun tim tamu di menit ke-25 berhasil dipatahkan oleh Giorgio Chiellini.

Dalam sebuah serangan balik, Mirko Vucinic yang bergerak dari sisi kiri kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Namun Claudio Marchisio yang bergerak menyambut umpan Vucinic gagal memaksimalkannya.

Juve kembali membangun serangan, kali ini dari sisi kanan oleh Stephan Lichtsteiner. Pemain asal Swiss itu kemudian mengirim bola kepada Vucinic namun sepakan penyerang Juve itu berhasil diblok Sorrentino.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, serangan Palermo sempat mengejutkan tuan rumah. Tembakan Fabrizio Miccoli dari dalam kotak penalti mengenai tiang gawang Juve.

Di menit ke-58, Juve mendapat penalti setelah Mirko Vucinic dijatuhkan di kotak terlarang. Vidal yang maju sebagai eksekutor sukses melaksakan tugasnya dan membawa Juve unggul 1-0.

Juve hampir menggandakan keunggulan di menit ke-66. Namun sepakan Vucinic usai menerima umpan Paul Pogba masih bisa digagalkan Sorrentino.

Upaya Palermo untuk menyamakan kedudukan belum membuahkan hasil. Tembakan Abel Hernandez masih belum menemui sasaran.

Serangan Juve di menit ke-81 kembali membahayakan gawang Palermo. Kali ini sepakan Fabio Quagliarella yang mengenai mistar gawang tim tamu.

Dua menit berselang, Juve harus bermain dengan 10 orang. Pogba mendapat kartu merah setelah meludahi Salvatore Aronica.

Hingga laga usai, tak ada gol lagi yang tercipta. Juve menang 1-0 dan memastikan gelar scudetto<\/em>.

Susunan Pemain<\/strong>

Juventus: Buffon, Barzagli, Bonucci, Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Pogba, Asamoah (Peluso 66), Marchisio, Vucinic (Quagliarella 79)

Palermo: Sorrentino; Von Bergen, Donati, Aronica; Nelson, Barreto, Arevalo Rios (Faurlin 79), Kurtic, Garcia; Ilicic (Dybala 71), Miccoli (Hernandez 65)




(nds/roz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed